Terbit
30/12/2023
Diperbarui
30/12/2023

Berpikir dengan Cakrawala Luas, Entaskan Kemiskinan Sistematis Melalui Pendidikan

SMK Gratis Lulus Langsung Kerja adalah salah satu program sistematis untuk menuntun rakyat keluar dari jerat kemiskinan. Dengan ini, kita memberi ‘ikan’ kepada rakyat sembari mengajarkan bagaimana menggunakan ‘kail’. 

2024 segera datang. Tinggal menghitung hari. Indonesia akan menghadapi perubahan besar: menuju puncak bonus demografi. Bonus demograf iharus bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk Indonesia lebih unggul.

 

Bonus demografi tidak akan berlangsung selamanya. Data BPS menyebutkan, Indonesia sudah mengalami bonus demografi sejak 2015, danakan mengalami puncaknya pada 2035.

 

Jika kita tidak bisa memanfaatkannya secara maksimal, makabonus demografi ini tak akan berarti apa-apa. Sia-sia belaka. Dan kita akan tetap begini saja, menjadi negara menengah, yang tak beranjak maju, bila kitatak bisa memanfaatkan demografi ini. Eman-eman.

 

Dunia terus bergerak maju. Kita harus cepat. Satset, tastes,untuk terus bergerak dan melangkah. Agar kita tak tertinggal dan tergilas oleh perubahan. Sebagai pemimpin, kita harus berpikir cepat. Menyiapkan program strategis untuk mendorong kemajuan rakyat.

 

Di tengah masih banyaknya rakyat kita yang berkubang dalam kemiskinan, kita harus mempunyai gagasan, bagaimana mengentaskan mereka dari jurang kemiskinan. Dalam agama, ada hadits Nabi yang berbunyi: ‘Kaadal faqru anyakuuna kufran’, kefakiran itu dekat kepada kekufuran.

 

Dapat diartikan, keadaan yang serba kekurangan dapat menggoda seseorang untuk melakukan kemaksiatan atau tindak kriminal guna memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup. Tentu, kita tidak ingin saudara-saudara kita mengalami hal ini. Kita tak ingin rakyat kita dekat dengan kekufuran,bukan?

 

Tugas pemimpin adalah mencari jalan keluar, denga nprogram-programnya, dengan gagasan-gagasanya, dengan cakrawala berpkirnya yang luas. Bukan sekadar memberikan ‘ikan’ kepada rakyat miskin, yang justru meninabobokkan mereka dengan kubangan kemiskinannya. Pemimpin harus mampu berpikir, bagaimana memberi ‘kail’ agar mereka bisa secara sadar dan dengan daya upaya sendiri keluar dari jurang kemiskinannya.

 

Salah satu jalan untuk mendorong rakyat kita keluar dari kubangan kemiskinan adalah melalui pendidikan. Dengan pendidikan yang baik,warga miskin akan mempunyai kesadaran dan memegang peta jalan keluar dari jerat kemiskinan.

 

Apa yang bisa kita tawarkan? SMK Gratis Lulus Langsung Kerja adalah salah satu program sistematis untuk menuntun rakyat keluar dari jerat kemiskinan. Dengan ini, kita memberi ‘ikan’ kepada rakyat sembari mengajarkan bagaimana menggunakan ‘kail’.

 

Sehingga, ketika kelak siswa ini lulus dan langsung bekerja,ia dapat mengangkat harkat dan martabat, serta ekonomi keluarganya. Dengan SMK Gratis Lulus Langsung Kerja, kita memberi lentera, memberi peta, agar rakyat dengan kesadarannya bisa keluar dari gua pengap nan gelap di lembah kemiskinan.

 

Kita sudah menghitung anggaran untuk program SMK GratisLulus Langsung Kerja ini. Sektiar Ro50 triliun-nan saja. Tidak mahal sebenarnya, dengan manfaat yang akan dirasakan oleh rakyat: mengentaskan kemiskinan secara sistematis melalui pendidikan.

 

Program SMK Gratis Lulus Langsung Kerja, sekaligus menyiapkan SDM-SDM terampil menyambut bonus demografi. Sehingga, kita mempunyai tenaga-tenaga kerja terampil. Dengan tenaga kerja terampil dan terdidik, kita songsong Indonesia Emas 2045. (*)